Selasa, 02 Desember 2008

Kalori...... kenapa ?

Tips dalam menyusun menu agar sesuai dengan kebutuha seseorang, salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan kalorinya (dihitung dalam kilo kalori). Walaupun tidak cukup dengan hanya dengan itu, namun dengan ditambah syarat jenis makanan yang beragam dan tidak disertakannya makanan yang di pantang, maka bisa mendekati kebutuhan pada hampir semua zat gizi yang dibutuhkan.
Saat ini tidak ada satu jenis makanan pun yang dapat memenuhi kebutuhan semua zat gizi seseorang. Penghitungan total kalori yang dikonsumsi merupakan pendekatan awal. Harus ada penghitungan akan kebutuhan zat gizi laiinya, semisal pada jenis protein, lemak, vitamin dan mineralnya.
Kenapa harus beragam ?
bila pemenuhan kebutuhan gizi seseorang hanya dilihat dari segi kalori saja, maka cukup kita mengkonsumsi makanan sumber lemak. Karena lemak adalah sumber kalori tertinggi. Tubuh kita bukan hanya membutuhkan kalori, namun juga zat gizi lain.
Kebutuhan kalori sesorang dalam setiap berat badannya diantaranya dipengaruhi oleh usia, berat badan, aktivitas, dan jenis kelamin. Makin bertambah usia seseorang, makin berkurang kebutuhan akan kalori per berat badannya. Namun karena semakin bertambah usia berat badan seseorang itu makin bertambah dan aktivitas juga bertambah (sampai batas usia tertentu), maka kebutuhan kalorinya pun makin bertambah.
Kekurangan dan kelebihan mengkonsumsi kalori dalam waktu yang lama sama-sama berakibat tidak baik bagi tubuh kita. Kita mengenal marasmus, busung lapar pada seseorang yang kurang kalori dalam waktu yang lama (terutama balita). Kita juga mengenal obesitas (kegemukan) pada seseorang yang kelebihan mengkonsumsi kalori dalam waktu yang lama.
Kedua keadaan itu berpotensi berpenyakit dan menjadi kurang produktif dalam kehidupannya.
Oleh karena itu aturlah menu kita sehari-hari dengan memperhatikan terpenuhinya kebutuhan kalori dan mengkonsumsi menu yang seimbang dengan memperhatikan 13 Pesan Umum Gizi Seimbang !.....

Tidak ada komentar: